Wednesday, December 27, 2017

Kandungan bahan pada lipstik sanggup sebabkan kanker, benarkah

Kandungan bahan pada
Kandungan bahan dalam lipstik bisa sebabkan kanker, benarkah

Pernah terpikir bahan apa saja yang terkandung dalam lipstik yang Knda poles ke bibir setiap hari? Dari mana asalnya rona-rona terang yang menciptakan bibir Knda terlihat cerah itu?

BERITA TERKAIT
Rekomendasi 6 drowsing mask terbaik yang bisa dihasilkan di Indonesia
Oh Yeon-so yang permanen imut di usia 31 tahun, ini rahasia cantiknya
lima Pemahaman galat kaprah wacana purging saat coba produk kecantikan baru

Dilansir CNN, dalam tahun 2007, Campaign for Safe Cosmetics menjamin bila mereka menemukan kandungan timbal dalam 33 merek lipstik terkenal yang mereka teliti. Sebuah studi lain oleh University of California menemukan logam-logam berbahaya dalam eight sampel lipstik dan 24 lip gloss, diantaranya kromium, kadmium, mangan, aluminium, dan timah. Meskipun jumlah masing-masing sangat kecil, apakah ini berarti lipstik berbahaya buat kesehatan konsumen?

Ternyata studi yang dilakukan oleh Food and Drug Administration justru mengatakan kebalikannya. Mereka sudah meneliti kemungkinan bahaya penggunaan lipstik berbahan timbal. Lipstik lumrahnya memang mengandung timbal (dari pewarna) dan beberapa jenis logam lainnya. Namun menurut mereka, lipstik adalah produk yang ditujukan buat penggunaan topikal. Hanya sejumlah kecil dari kandungan lipstik yang diserap oleh tubuh. Dan kandungan logam berbahaya dalam lipstik pun sangat kecil. Jadi nir masuk kategori berbahaya.

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Cancer Council Western Australia. Menurut mereka, setiap hari insan terekspos logam berat dari sumber-sumber lain yang jumlahnya lebih besar. Misalnya saja dari udara yang dihirup, air, dan limbah industri. Logam berat dalam lipstik baru berbahaya waktu terakumulasi beserta logam dari sumber-sumber lain yang mengendap di dalam tubuh.

Jadi, meskipun lipstik mengandung sejumlah logam yang bisa membahayakan kesehatan pemakainya, akan tetapi kandungannya sangat kecil hingga nir bisa digolongkan berbahaya. Namun, buat berjaga-jaga alangkah baiknya bila kita nir memakai lipstik sepanjang waktu. Rutin membersihkan makeup secara maksimal sebelum tidur bisa sebagai langkah yang bijaksana buat menghindarkan diri dari risiko. [tsr]

No comments:

Post a Comment