Tuesday, November 28, 2017

Pilih Smartphone Desain yang Cantik atau Tahan Banting

Pilih Smartphone Desain yang Cantik atau Tahan Banting

Image source: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBwliMAZ5cwzbaHRvBmycsuvv6xUBZIbQhs9Uc5aeurj1h9u7ms7no24bcpkoqpusOIPhbbTnSDFUQxmKMz35IfYQ4Jc04PGUjtYyVdaHOVddl5jbgoZQmKtTmEHdc7c4j8DTn23r-mXE/s1600/Nomu+S30+baru.jpg

Pilih Smartphone Desain yg Cantik atau Tahan Banting

Jumlah saat yg dihabiskan seseorang menggunakan smartphone terus mempertinggi setiap hari. Kita bahkan sudah nir heran, melihat orang berjalan di trotoar sembari menunduk ke layar smartphone.

Namun namanya pula manusia, kadang senang teledor dan kerap menjatuhkan smartphone. Apakah kau keliru satu orang yg sering atau sekali waktu menjatuhkan smartphone?

Tidak ada nomor yg absolut, akan tetapi sejumlah studi sudah berusaha mencari memahami seberapa sering pengguna smartphone menjatuhkan smartphone mereka dan seberapa sering berakibat rusak tetap. Penasaran?

?

Dimulai dari 2011, studi yg dilakukan Plaxo memperkirakan bahwa 33% pemilik smartphone sering menjatuhkan ponsel mereka dan sekitar 20% jatuhnya di toilet.

Selanjutnya tahun 2013, studi dari Tech21 memperkirakan bahwa 90% dari pemilik smartphone menjatuhkan ponsel mereka setidaknya sebulan sekali. Bahkan, ada sekitar 5% yg menjatuhkan perangkat pintar miliknya enam kali per bulan.

Pentingnya Kaca Pelindung

Sebaik-baiknya kau merawat dan menggunakan smartphone, tetap saja bisa jatuh. Meskipun bahan komponen yg digunakan kepada perangkat sudah semakin tinggi selama beberapa tahun terakhir, akan tetapi nir ada yg paripurna.

Sebut saja Corning, keliru satu perusahaan utama pembuat kaca pelindung Gorilla Glass ini sangat penting buat ketahanan layar smartphone. Yang teranyar generasi kelima yg dirilis kepada tahun 2016, yg dibentuk buat melindungi perangkat dari benturan saat terjatuh ke atas permukaan kasar dari ketinggian pribadi, terutama dengan tinggi pinggang hingga bahu orang dewasa.

Corning menyebut Gorilla Glass 5 mampu bertahan dengan persentase 80% saat terjatuh dari ketinggian 1,6 meter.

Tergantung Desain

Sementara dari penelitian yg dilakukan pihak internal Corning, 85 persen pemilik smartphone sudah menjatuhkan ponsel setidaknya satu kali dalam saat satu tahun terakhir. Dan dua per tiga dari kejadian tadi terjadi dengan ketinggian pinggang hingga bahu orang dewasa.

Namun, daya tahan yg dimiliki oleh Gorilla Glass pula ditentukan oleh desain holistik yg diusung oleh perangkat. Karenanya, output tidak selaras akan dimiliki perangkat dengan desain tidak selaras pula.

Terutama kepada perangkat dengan desain layar melengkung di bagian sisi, berakibat sisi layar nir terlindung bingkai bodi dan menampilkan kaca layar, yg dinilai lebih sensitif.

Desain Cantik Atau Tahan Banting

Ya, bahkan kaca pelindung terkuat masih pecah (buat saat ini). Jaka pikir asli pabrik ponsel bisa membuat perangkat yg tahan banting, akan tetapi bakal mengorbankan desain smartphone itu sendiri.

Tren lebih menunjuk ke desain yg elok, paduan metal dan kaca atau full kaca. Kita bisa melihat di smartphone flagship saat ini, seperti Samsung Galaxy S7, Apple iPhone 7, HTC 10, dan lainnya. Desain mereka 'luar biasa' elok, akan tetapi tanpa adanya proteksi lebih atau tanpa case tambahan, mungkin kecantikan tadi nir akan tahan lama.

Bagaimana pendapat kau? Mungkin memang pembuat harus membuat versi tahan banting dari setiap smartphone flagship yg mereka rilis. Share pendapat kau!

Baca pula artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

No comments:

Post a Comment